Perbedaan Axle Shaft Tipe Independent Dan Tipe Rigid

Perbedaan Axle Shaft Tipe Independent Dan Tipe Rigid

Axle shaft pada kendaraan dibedakan menjadi dua yakni front axle shaft (poros penggerak roda depan) dan rear axle shaft (poros penggerak roda belakang). Pada kendaraan front engine front drive (ff) , front axle shaft sebagai penggerak (driving axle shaft ), sedangkan pada kendaraan tipe front engine rear drive (fr), rear axle shaft sebagai penggerak (driving axle shaft )., tipe - Tipe axle shaft independent (drive shaft ) a. Cara kerja axle shaft independent dengan dilengkapi cv joint ma-ka pada saat kendaraan melaju dijalan yang bergelombang ma-ka posisi body kendaraan se-akan akan tidak terpengaruh oleh keadaan jalan, karena dengan dilengkapi cv joint pa-da setiap gerakan disamping bi-sa bergerak putar juga bisa ..., fungsi axle shaft pada type rigid : a. Penerus putaran ke roda. B. ... Fungsi axle shaft pada tipe independent : 1. Sebagai penerus putaran ke roda. 2. Sebagai pendukung beban roda. ... Bantalan dipasang antara axle housing dengan wheel hub dan axle shaft , secara tidak langsung axle shaft ikut memikul beban kendaraan., suspensi bebas ( independent ) dan suspensi kaku ( rigid ). Pada tipe suspensi independent , jenis axle shaft yang. Digunakan umumnya adalah tipe melayang (floating shaft . Type ), dimana poros bebas dari menumpu beban dan bebas. Bergerak mengikuti pergerakan roda akibat suspensi. Kendaraan., axle shaft independen tipe ini sering digunakan pada kendaraan kecil dan umumnya jenis sedan, karena tipe ini disamping kontruksinya ringan juga mampu membuat sudut belok lebih besar. Gambar 2.1.3. Rear a xle tipe independen 2.1.1., axle shaft independent 2.1 rigid axle shaft type rigid sering digunakan pada kendaraan berskala menengah keatas dengan muatan yang besar, juga pada kendaraan yang dirancang untuk medan-medan berat karena mampu menahan beban yang berat. 2.1.1 Fungsi axle shaft pada type rigid 1., suspensi tipe rigid adalah suspensi dimana roda kiri dan kanan dihubungkan dengan axle tunggal. Axle ini dihubungkan ke body dan frame melalui spring/pegas (leaf spring atau coil spring). Suspensi rgid banyak digunakan pada roda depan dan belakang bus dan truck dan , rigid vs independent - Suspensi adalah sistem untuk menyerap kejut dan getaran dari jalan agar tidak langsung diteruskan kepada kabin.dengan adanya suspensi, guncangan akan dan getaran dari jalan akan diredam sehingga kabin terasa lebih nyaman. Dalam kendaraan roda 4, ada dua macam tipe suspensi yaitu tipe dependent ( rigid ) dan independent ., tipe yang kedua, hampir sama dengan macpherson namun pada tipe ini ada dua buah lengan yakni lower arm dan upper arm. Kedua lengan ini akan menghubungkan steering knuckle dengan chasis mobil. Perbedaanya dengan macpherson, kalau macpherson ada pegas yang menghubungkan steering knucle dengan body mobil bagian atas., suspensi rigid banyak digunakan pada roda depan dan belakang bus dan truck dan pada roda belakang mobil penumpang. Hal ini karena konstruksinya kuat dan sederhana. Pada suspensi model bebas ( independent suspension, roda kiri dan kanan tidak dihubungkan secara langsung pada axle tunggal.

Advertiser